Efektivitas dan Klasifikasi Jenis APAR Solingen

Dalam memilih alat pemadam api ringan (APAR) tentu harus mempertimbangkan banyak hal. Lokasi anda, resiko benda yang mudah terbakar menjadi pertimbangan anda dalam memilih. Untuk itu anda perlu mengetahui klasifikasi jenis kebakaran berikut :

Kelas A

classA

Kebakaran pada medium padat yang mudah terbakar seperti kayu, kain, kertas, karet, dan banyak plastik.

Kelas B

classB

Cairan mudah terbakar seperti bensin, minyak, lemak, tar, cat berbahan dasar minyak, pernis.

Kelas C

classC

Peralatan listrik termasuk kabel, kotak sekering, pemutus sirkuit, komputer, dan gas yang mudah terbakar.

Alat pemadam kebakaran berbahan serbuk ABC Powder (S-ABC) ideal untuk digunakan dalam segala bentuk kebakaran dan menawarkan perlindungan hampir terhadap semua jenis – jenis kebakaran. Hal ini menjadikan powder kimia ini multifungsi, dan merupakan pilihan yang efektif untuk kebakaran yang juga melibatkan gas yang mudah terbakar.

Alat pemadam api busa (S-FOAM) ideal untuk digunakan pada kebakaran yang melibatkan bahan mudah terbakar yang padat dan sangat efektif untuk memadamkan kebakaran pada cairan yang mudah terbakar. Lapisan busa yang diterapkan oleh alat pemadam ini membantu untuk menghindari api menyala kembali setelah api telah padam.

Pemadam api CO2 (S-CO2) cocok untuk digunakan pada kebakaran cairan yang mudah terbakar dan sangat efektif untuk memadamkan api yang melibatkan peralatan listrik. CO2 juga merupakan salah satu jenis isi pemadam terbersih dan tidak meninggalkan residu.

APAR S-EFA adalah sebuah teknologi pengganti Halon yang sebelumnya telah dilarang untuk dipergunakan karena dapat merusak lapisan ozon. Alat pemadam ini sangat ramah lingkungan dan ideal untuk melindungi area gedung dimana beberapa resiko kebakaran dapat ditemukan.

Efektivitas Alat Pemadam Api Solingen dapat dilihat pada tabel berikut

klasifikasi apar solingen
Dari tabel dapat terlihat jenis APAR apa yang efektif dan efisien dalam menghadapi jenis kebakaran tertentu. Selain itu ada juga APAR yang dapat melindungi kendaraan anda jika terjadi kasus seperti kebakaran mesin.

 

,